Petualang Pasar

Pasar. Dari namanya sudah cukup ramai mendengarnya. “Jangan ramai! Macam pasar saja kelas ini.” Keluh guru saya. Dari SD sampai SMA, keluhannya sama, dengan orang yang berbeda.

Pasar = ramai

Sejak saya masih kecil, pasar sudah menjadi tempat petualangan saya. Bisa jadi karena saya perempuan, menjadi naluri bahwa kegiatan berbelanja adalah sesuatu yang menyenangkan. Anak kecil suka melihat hal baru, selalu ingin tau, dan mencoba hal baru. Itu  masa kecil saya. Mungkin berbeda dengan Anda, maupun orang lain.

Ikan didalam plastik yang menggantung, suara deru mesin parutan kelapa, jajanan pasar yang siap dibungkus, tutup panci yang dijajakan berkeliling, mata ikan ikan yang melotot melihat lalu lalang orang berbelanja (atau hanya sekedar berlalu lalang).

Ke pasar menjadi kegiatan rutin mingguan di hari Minggu di kala SD. Kemudian memudar kala SMP-SMA karena dikalahkan oleh kegiatan bangun siang. Mencari sayuran, jajanan, dan mainan. AHA! Saya dan adik saya selalu merengekkan ini : MAINAN. Sekedar stiker, lego KW, atau yang lain.

Untuk informasi Anda (FYI), Jamu di Pasar Ngaliyan itu juara! Dari dulu sampe sekarang, ibu jamu yang juara itu masih mempertahankan “taste” jamunya. Bahkan waktu nggak sengaja nonton acara TV dengan judul “Jagad Jamu”, saya ikut bangga bukan kepalang. Si ibu tampil di situ. Dengan tubuh gemuknya, beliau lincah menuangkan, membungkus, me-refill jamu untuk pelanggan. Jamu ini wajib beli setiap kali saya ke pasar Ngaliyan.

Hmmm.. Apa lagi ya?

Waktu udah bisa nyetir motor sendiri, saya yang jadi garda paling depan untuk disuruh ke pasar. Kalo katanya beli barang di pasar tradisional harus nawar, seinget saya, saya selalu bayar sesuai kata si penjual. Alias nggak pake nawar. Tentu aja udah dibekali info range harga dari mama. Mungkin si penjual tau juga kalo yang beli itu bocah =P

Walaupun becek, bau, dan panas, pasar bisa lhoh, jadi tempat petualangan. Jadi kapan ke pasar? =)

Dapet salam dari ayam. =)
Dapet salam dari ayam. =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s