#TGTB Part – 2 : Nyampe di Bangkok

“Welcome to Suvarnabhumi International Airport”

FYI, Saya nyampe di Bangkok ini belom punya THB sama sekali. Cuma bawa cash USD dan IDR (dan sisa bekal ada di ATM). Jadilah saya nyari konter money changer di bandara ini. Ternyata banyak. Bahkan 1 brand punya beberapa konter. Setelah muter nanya-nanya lalu meyakinkan diri bahwa ini yang paling murah, saya nyoba tuker IDR saya di Siam Commercial Bank. Waktu itu 300ribu IDR, dapet 600THB (1THB = 500IDR). Sementara di waktu itu 1THB = 375IDR. *nangis*

Setelah pesen tiket kereta ke Chiang Mai untuk besokannya, Saya cari penginapan di sekitar Stasiun Hua Lamphong. Maksudnya sih biar ga ribet kalo mo ke stasiun. Voila! Saya dapet penginapan seharga 250THB untuk kamar isi 3 bed di Ba-an Hua Lamphong Guest House. Begitu tau Saya dari Indonesia, si abang yang jaga meja resepsionis langsung ngejeplak, “Boleh cakap Malay?”.

EALAH.

Jauh-jauh ke Bangkok ngobrolnya Melayu juga muehehehehe. Tapi merasa beruntung juga karena di awal solo traveling ini, English Saya masih sebundet rambut Saya, jadi masih agak shock dengan peralihan bahasa ini.

China Town aka. Yaowarat Street

Yaowarat Street
Yaowarat Street

Abis goler-goler bentar, Saya cabut ke China Town-nya Bangkok, aka. Yaowarat Street. Deket doang dari guest house ini, tinggal naik bus nomer 40. Rameee benerrr. Banyak food stall! Saya jalan dari ujung ke ujung sampe akhirnya kelaperan trus beli noodle soup isi bebek panggang (Bismillah HALAL!).

WP_20140602_009
Di dalem bus kota

Yang kocak adalah waktu pulang, Saya naik bus lagi dan ternyata busnya sama kayak naikin waktu berangkat! Nah loooh. Hahhahah.. Jadi, yang jadi supir bus dan kernet di bus itu adalah pasangan suami istri (yang bawa anaknya juga). Istrinya senyam senyum liat saya karena saya fabulous abitch  menyadari kalo Saya tadi naik bus itu juga. Trus Saya berusaha bilang kalo Saya tadi naik bus itu dan bilang Saya dari Indonesia. Sementara itu Ibunya tetep senyam senyum sambil ngeliatin Saya. Bu ntar pegel loh bu senyum terus. Waktu mo turun saya nangkupin tangan di depan dada sambil bilang “Khop Khun Kraap” (yang kemudian baru Saya sadar kalo cewe harusnya Khop Khun Khaa :)) ).

Besokannya, sebelum berangkat ke stasiun, Saya muter-muter naik bus kota. Beneran yang “muter-muter” karena tujuannya mo ke Siam Paragon, pake acara nyasar dulu karena salah naik bus. Setelah nanya ke mbak2 kantoran di sebuah halte dengan peragaan jari tangan, baru bener tuh busnya. Karena kalo diomongin, bisa beda maksudnya ato suaranya. Seven sama Nine bunyinya beda jauh kan ya? Ya kan? *guncang-guncangin*

Ada Bolang-baling ama Cakwe juga di sana :3
Ada Bolang baling ama Cakwe juga di sana :3

Balik ke guest house, Abang resepsionis Malay yang baik hati memperbolehkan Saya mandi dan pinjem handuk walau udah lewat waktu check out. Lumayan nggak dekil-dekil amat. Soalnya abis itu mo menyusuri jalan ke Chiang Mai naik kereta selama 14 jam! WOOOOPS

Tika Goes To Thailand #TGTB – Drama (Hampir) Ketinggalan Pesawat

Setelah batal menunaikan ibadah traveling ke Thailand tahun lalu, akhirnya kesampean juga di tahun ini. Rencana tahun lalu adalah pergi berdua ama temen, overland dari KL-Bangkok. Tapiii karena beberapa alasan dan pertimbangan, akhirnya harus menghanguskan tiket yang dibeli setahun sebelumnya. Pffft…

Saya pun akhirnya traveling sendirian. Gimana rasanya traveling ke Thailand sendirian? Nah walaupun sebelum-sebelumnya udah pernah traveling sendirian di dalam negeri, rasanya ya sama aja. Seru dan nagih! Hihihihi.. Kalo ada yang bilang Saya berani, ada yang lebih berani dari saya, yaitu orang tua saya! Lha wong berani lepasin anak cewenya pergi-pergi sendirian, di antara stereotype Indonesian yang anggap anak perempuan itu ga boleh “aneh-aneh” karena bisa kena hal “aneh-aneh”. But once again, I proved it. I was okay.

Karena beberapa waktu sebelum berangkat lagi ada kudeta militer di Thailand, saya bahkan sampe dilarang pakde & bude saya untuk berangkat. Mama sama bapak saya aja nggak seheboh itu. Nah lhoo. Mungkin saking sayangnya ya sama saya :p

Let’s GO!

Baru juga mo berangkat, udah drama aja di bandara Soekarno Hatta.

HAMPIR KETINGGALAN PESAWAT.

Penyebabnya adalah sebelum masuk gate imigrasi, Saya ke toilet dulu. Antrinya lumayan lama nih di toilet. Nggak taunya pas mau masuk gate, antrinya udah mengular-anaconda banget itu. Bahkan ada bule motong antrian. HIH. Cuma bisa pasrah. Gerakan mata cuma liat antara antrian dan 2 petugas Imigrasi. Saya ajak ngobrol aja ibu-ibu di depan saya. Eh ternyata samaan flightnya.YESS ada temennya.

Udah jam 6.55. 5 menit sebelum take off. Tiba-tiba ada petugas yang teriak-teriak, “Yang Tiger Mandala, Tiger Mandala”. Wah! Ini nih, kernetnya Tiger! *salaaaaah!!!* Pokonya mas petugas dari Tiger Mandala deh.

Saya acungin tangan sambil maju menuju si mas-mas petugas kernet tadi. Ternyata selain saya dan ibu-ibu tadi, ada serombongan keluarga yang masih blom masuk pesawat. Kami diduluin untuk masuk gate imigrasi, sementara antrian di-stop.

Udah keringat dingin, deg-deg-an, bawa gembolan ransel, lari-lari ke arah runway. Masih pake dimarahin petugas ground dan di drama-in ama mbak-mbak yang ngecekin tiket dan petugas di ground yang kontak-kontakan pake HT,

MB (mbak tiket): “Masih bisa nggak, ini masih masih ada penumpang lagi.”

PG (petugas ground): “Hah! Berapa orang?

MB: “Tujuh orang”, sambil ngeliatin manifest penumpang.

PG: “Yaudah buruan!”

MB: “Mbak buruan ya mbak, pintunya udah mau ditutup.”

*Permisi, boleh nafas dulu nggak mbak?

Sayangnya enggak. Saya lari tunggang langgang turun eskalator trus naik ke pesawat. Untung deket itu parkir pesawatnya. Nggak perlu naik bus dulu. Saya langsung duduk di kursi yang bukan semestinya punya saya karena udah didudukin bocah. Yaweslah ya. Nggak perlu drama yang lain lagi.

Ditinggal tidur bentaran, udah sampe Singapore. Di Changi, waktu check-in ketemu 4 orang ibu-ibu dari Indonesia yang mo ke Hong Kong trus saya godain, “Mau shopping-shopping ya bu?”. Si ibunya, “Hehehe iya dek. Adek sama siapa? Sendirian? Wah berani yaa.” Eheheheh…..

Udah lega, santai, baru bisa foto-foto deh ini
Udah lega, santai, baru bisa foto-foto deh ini

Daripada-daripada, setiap nglewatin departure board, Saya nyariin nomer penerbangan Saya. Bener ga nih jamnya? Gatenya nomer berapa ya? Karena waktu check in belum dikasih nomer gatenya. Akhirnya setengah jam sebelum boarding, saya nanya ke information center dan langsung menuju gate yang ada di paling ujung terminal. Kok ga nyampe-nyampe, kok ga nyampe-nyampe, ternyata paling ujung -______-

Take off from Changi, welcome to Suvarnabhumi International Ariport!

Ada Binatang di Kebun BInatang Ragunan *Yaiyalah…

Ternyata Kebun Binatang Ragunan itu luaaaas sekali. Saya dan Diyan, Fira, Dela udah mastiin keluasannya waktu main kesana, bulan Mei 2013 lalu. Main ke rumah binatang-binatang ‘nggak biasa’ di Jakarta ini harus bayar lhoh. Harga tiketnya 4,500 ajah buat para dewasa kayak kita. *Ciee dewasa cieee* Abisnya kita bilang ke petugas loket kalo kita masih anak-anak, si petugasnya nggak percaya. Yaudah deh kita jadi dewasa.

Hmmm… Untung hari itu mendung. Jadi kami berpayung mendung, berkeliling kebun binatang. Deuh…. sayangnya kami nggak bawa bekal dan tiker untuk berpiknik ria di atas rumput-rumput hijau di taman kebun binatang. Tapi kami bawa handphone berkamera, berfoto-fotolah kami.

Mau ke..... Mampang!
Mau ke….. Mampang!

Karena kakinya cuma 2 dikali 4 sedangkan Ragunan ini luas, kami naik kereta wisata gitu. Eh ternyata harus bayar lagi, 7,500. Trus dibawa bapak supirnya muter-muter Ragunan. Bapaknya nggak cape kok, kan kita naik kereta (bukan api).

Nih kita di atas kereta wisata….

Aku kok ndak berkacamata ya....
Aku kok ndak berkacamata ya….

Abis naik kereta wisata yang malah nggak bisa liat binatangnya, kami merapat ke kandang gajah. Liatin gajah-gajah yang dusel duselan mo kawin. awuwuwuwu

gajah (hampir) kawin
gajah (hampir) kawin
Dimamam Gajah
Dimamam Gajah

Ahh.. LAMAK! Karena di PHP ama gajah, kami pergi ke kandang lainnya. Trus kami ke sini deh…

Pelican
Pelican
Kandang Burung
Penghuni Kandang Burung
Zebra Mamam Yumput
Zebra Mamam Yumput

Mampir ke rumah Pak Jerapah dan Bu jerapah juga. Tapi mungkin lagi bobok siang, jadinya kami….

Photo-1833
Rumah Jerapahnya ada di belakang itu

Yuk udah ah cape jalan-jalan terus. Kami pulang deh. Nggak tau kalo ada tempat (yang kata temen) kece berat. Namanya Pusat Primata Schutzer. Tapi malah ketemu ini….

Paaaak! Beruangnya lepas satu paaak!!
Paaaak! Beruangnya lepas satu paaak!!

Bapak petugasnya baik-baik kok. Binatangnya juga alhamdulillah pada sehat kelihatannya. Nanti kalo kesini lagi harus bawa tiker dan bekel ah!!